Langsung ke konten utama

Asal Usul Istilah WC

Asal Usul Istilah WC


Ada beberapa istilah mungkin pernah kita dengar seperti "WC", bukan? Kata ini cukup dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan kerap diucapkan untuk merujuk tempat buang air.

Tapi tahukah kamu, ternyata WC adalah kata singkatan? Iya, WC adalah singkatan dari salah satu kata dalam bahasa Inggris.

Selain WC, ada beberapa singkatan juga ada yang sering disebut tapi masih ada yang tidak tahu dengan kepanjangan, arti, dan asal usul singkatnya. Seperti BH, BN, HVS, internet, hingga GPS.


Penasaran dengan kepanjangan WC dan sejumlah singkatan lainnya? Baca artikel ini sampai selesai.


Kepanjangan dari WC Hingga GPS

Sejumlah singkatan umum yang kerap digunakan dalam kehidupan dan ternyata punya arti dan kepanjangannya. Berikut beberapa di antaranya yang kami rangkum dari berbagai sumber:


1. WC

Kepanjangan dari WC adalah 'water closet'. Menukil laman plumbworld.co.uk, istilah ini pertama kali digunakan di Inggris pada tahun 1870-an. Awalnya, dikenal dengan nama 'wash-down closet'.


Seiring berjalannya waktu disebut dengan water closet, karena mengacu pada toilet yang dipasang di lemari cadangan. Kemudian berubah lagi menjadi WC untuk menyebut ruangan toilet tanpa bak mandi.


2. BH

BH biasa kerap dipakai untuk merujuk bra atau kutang wanita. Ternyata BH adalah singkatan dari 'buste houder'. Kata ini berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti penyangga payudara.


3. NB

Kamu mungkin pernah melihat kata NB atau N.B atau n.b pada bagian bawah sebuah tulisan, dikutip dari thoughtco.com, NB ternyata adalah singkatan dari 'nota bene' yang merupakan kata dari bahasa Latin.


Secara harfiah, N.B. artinya perhatikan dengan baik. Ini dapat ditulis dalam tulisan untuk mengarahkan pembaca terhadap suatu hal yang sangat penting


4. HVS

Penyebutan HVS dikenal luas untuk kertas putih bersih yang serbaguna. Tapi, ternyata HVS punya kepanjangan nih. HVS singkatan dari 'houtvrij schrijfpapier' yang memiliki arti kertas bebas dari serat kayu.


Kertas ini dibuat dari kayu yang dicampur dengan beberapa bahan kimia. HVS tidak dilapisi dengan partikel plastik sehingga permukaannya bertekstur kasar, bersifat daya serap tinggi, dan tidak mengkilap. Kertas HVS cocok untuk pencetakan keperluan kantor dan sekolah.


5. WiFi

Nah, siapa nih yang di rumah atau kantornya memakai WiFi? WiFi biasanya digunakan untuk menyediakan akses internet bagi berbagai perangkat. Sebagian sumber menyebut kalau WiFi singkatan dari 'wireless fidelity'. Meski terdengar masuk akal, tapi itu salah, lho.


Dikutip dari newscientist.com, Phil Belanger, salah satu pendiri Wi-Fi Alliance, menyebutkan bahwa WiFi bukanlah akronim dan tidak mewakili apa pun. WiFi hanyalah WiFi sehingga tidak ada artinya.


Kata WiFi dibuat oleh salah satu perusahaan marketing yang disewa oleh WECA (sekarang Wi-Fi Alliance), sebuah organisasi nirlaba global yang dibentuk untuk mempromosikan standar nirkabel baru. Istilah ini dipilih oleh mereka karena terdengar menyenangkan dan mirip dengan 'hi-fi (high-fidelity).


6. Internet

Internet bisa dibilang sebagai hal yang paling mencerminkan kehidupan di abad ke-21. Pasalnya, internet telah diakses oleh milyaran manusia di seluruh dunia.


Sebagian orang menyangka kalau kepanjangan internet yaitu international network atau interconnected network. Tapi, keduanya tidak benar. Dilansir medium.com, internet adalah gabungan dari kata Latin 'inter' yang artinya 'antara' atau 'di antara' serta kata 'net' yang merupakan kependekan dari 'network' yakni jaringan.


7. PIN

Sudah tidak diragukan lagi, PIN diperlukan bagi kamu untuk membuka akun bank. Namun, tahukah detikers kalau PIN merupakan singkatan dari kata dalam bahasa Inggris?


Dinukil dari investopedia.com, PIN adalah singkatan dari 'personal identification number'. PIN terdiri dari sejumlah kode numerik yang digunakan dalam sejumlah aktivitas keuangan, seperti menyelesaikan proses transaksi. PIN lebih tepatnya ditujukan untuk menambah keamanan dalam transaksi keuangan.


8. GPS

Kepanjangan GPS adalah 'global positioning system'. Mengutip dari noaa.gov, kita bisa mengetahui keberadaan di mana pun kita berada di bumi. Dengan lebih dari 30 satelit navigasi GPS yang mengorbit pada ketinggian 20.200 km, ini dapat membantu kita menemukan jalan.


Itulah kepanjangan WC, BH, NB, dan sejumlah singkatan lainnya. Jadi, apakah kamu baru tahu arti dari kata singkatan-singkatan tersebut sekarang?


Komentar

  1. Hello, everybody I’m Alina Rose I wanna saw your post that’s very interesting and very pretty. Open Calculator. I’ve learned some good things here keep it up I’m waiting for your next useful blog thank you. Duplicate Bill,

    BalasHapus
  2. Deciphering the history and significance of acronyms is an intriguing linguistic endeavor. Imagine a careful examination of legal nuances with committed Essay Writing Help much as WC occupies a common space in our everyday discussions. Legal studies necessitate accuracy and clarity, much like decoding abbreviations. Let's go on an educational journey where the nuances of law and language coexist harmoniously:)

    BalasHapus
  3. Impressive stuff! Your take on this is really interesting. I've actually covered something along these lines in my latest post, which could offer another angle to your readers. Feel free to take a look: Melbet. Keep up the awesome work you're doing here!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa yang dimaksud? Tangki Septik (Septictank)

Apa itu? Tangki Septik (Septictank):Tangki septik adalah suatu kolam atau bak bersekat-sekat sehingga terbagi-bagi dalam beberapa ruang, biasanya terdapat di bawah tanah.Tangki septik merupakan tempat pembuangan yang dibuat dengan bahan yang kedap air sehingga air dalam tangki septik tidak dapat meresap ke tanah.